KemenLHK: Lembaga Fungsi Lini Digabung jadi 9 Ditjen

[ A+ ] /[ A- ]

JAKARTA | WARTA5.COM – Belum rampungnya perpindahan kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemenlhk) dijelaskan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, dikarenakan hanya pada proses penyatuan fisik, Fungsi Lini di tingkat Direktorat Jenderal (ditjen).

Sementara itu, diketahui dalam siaran tertulisnya, KemenLHK berangsur mulai pindah kantor, yang semula beralamat di Jalan DI Pandjaitan, Jakarta Timur, kini pindah ke Gedung Manggala Wanabhakti, Jalan Gatot Soebroto, Senayan, Jakarta Selatan.

Perihal Fungsi Lini kelembaan yang dimaksudkan adalah, sembilan Fungsi Lini -Direktorat Jenderal (Ditjen)- dari hasil penyatuan dua kementerian, yakni Kementerian Lingkungan Hidup (kemenlh) dan Kementerian Kehutanan (kemenhut).
Siti menegaskan, konsep tersebut telah final dan telah dilaporkan ke Presiden Joko Widodo pada 30 Desember 2014.

“Secara konseptual penggabungan sudah selesai dengan konsep kelembagaan sebanyak 9 Fungsi Lini (Ditjen) sebagai hasil penyatuan dua kementerian menjadi satu, yakni Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan,” kata Siti dalam siaran tertulisnya, Kamis (8/1/2014).

“Fungsi-fungsi Lini (Ditjen) tersebut dijelaskan Menteri LHK, meliputi Ditjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam (SDA) dan Ekosistem, Ditjen Pengendalian Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Hutan Lindung, Ditjen Pengelolaan Hutan Produk Lestari, Ditjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Ditjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3, Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim, Ditjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, serta Ditjen Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan”, jelas Siti.

Selain itu Menteri LHK juga menyatakan optimis akan mendapatkan dukungan dari jajaran birokrasi untuk mendapat dukungan lewat pola kerja birokrasi barunya.

“Ucapan terima kasih atas dukungan dari para senior, eks Menteri, pejabat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, para aktivis lingkungan, LSM, akademisi, asosiasi dunia usaha dan semua pihak atas masukan yang berharga dan memuluskan penataan kelembagaan tersebut,” pungkasnya.(KLHK/W5)
_______
Ilustrasi: Googleimages