Usia Berapa Balita Boleh Naik Pesawat Terbang

[ A+ ] /[ A- ]

JAKARTA | WARTA5.COM – Saat bepergian, tranportasi udara sering menjadi pilihan para orang tua terutama jika mereka memiliki bayi supaya waktu perjalanan tak terlalu lama. Lantas, di usia berapakah sebenarnya bayi sudah boleh diajak bepergian dengan pesawat?

“Sebaiknya di atas usia 3 bulan karena di usia tersebut terjadi fisiologi pertumbuhan dan perkembangan bayi yang maksimal, sehingga kondisinya optimal terhadap pergantian kondisi,” tutur Meta Hanindita dokter spesialis anak.

Dikatakannya, memang ada beberapa maskapai yang akan meminta surat rekomendasi dokter yang menyatakan anak siap dan boleh terbang.
Ia menyarankan sebaiknya orang tua meminta surat keterangan dokter sebelum mengajak si kecil bepergian.

“Saat take off atau landing, susui bayi untuk menyeimbangkan tekanan dalam telinga agar bayi tidak merasa sakit telinga,” imbuh dokter pada wartawan, Sabtu (10/1/2015).

Selama perjalanan, lanjutnya, pastikan bayi minum cukup agar tidak dehidrasi karena udara dalam pesawat cenderung kering.

Kenyamanan anak juga patut diperhatikan, sama halnya ketika ia diajak bepergian melalui jalur darat. Untuk itu, Dia menyarankan, selama menempuh perjalanan darat, sebaiknya ajak anak berhenti setelah beberapa jam agar anak bisa buang air atau istirahat sebentar.

“Untuk lamanya, tidak ada waktu khusus harus berapa jam, bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing anak,” pungkasnya.(DET)
________
Ilustrasi: Googleimages