Mahasiswa Diharapkan Aktif Membuat Karya Tulis

[ A+ ] /[ A- ]

YOGYAKARTA | WARTA5.COM – Kalangan intelektual mahasiswa diminta aktif mengembangkan potensinya melalui berbagai kegiatan positif selama menekuni studi dengan memulai membuat karya tulis.

Pengamat pendidikan perguruan tinggi Raditya Adipramono berpendapat, “Sebagai bagian dari kaum intelektual, mahasiswa hendaknya tidak sekadar mengikuti perkuliahan saja, tetapi juga dituntut bersikap aktif dan kritis selama menekuni studinya,” katanya di Yogyakarta, Selasa (13/1/2015).

Menurutnya, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu ajang yang dapat dimanfaatkan para mahasiswa untuk menuangkan kreativitasnya melalui berbagai media. Salah satu jenis PKM yang menantang keterampilan mahasiswa dalam menuangkan idenya adalah PKM Karya Tulis (PKM-KT).

“Melalui PKM-KT itu mahasiswa dapat belajar bagaimana menyusun sebuah tulisan yang dapat diterima oleh komunitas akademis dan mempublikasikannya. Namun, minat para mahasiswa untuk menekuni bidang PKM-KT dinilai masih terbatas,” katanya.

Hal itu disebabkan PKM-KT memerlukan keseriusan dan ketelatenan dalam pengerjaannya agar dapat menembus seleksi di Pendidikan Tinggi (Dikti).
Selain itu, mahasiswa juga dituntut untuk menghasilkan ide yang orisinil dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, memiliki minat yang tinggi untuk menghasilkan tulisan berkualitas.

Mendorong tumbuhnya minat tersebut salah satu langkah yang dapat ditempuh adalah melalui sosialisasi yang rutin ke berbagai fakultas dan program studi, menjalin komunikasi yang intensif dengan para dosen dan pengurus program studi.

“Apabila mahasiswa yang berpartisipasi dalam PKM-KT meraih juara, program studi juga mendapat keuntungan poin yang dapat mendongkrak akreditasi,” katanya.(ANT/WEK/W5)
_______
FOTO: Ilustrasi mahasiswa mengikuti seminar.(ARITBITB)