18/04/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Ini Dia 7 Penyakit Menular di Musim Banjir yang Harus Diwaspadai

4 min read

[ A+ ] /[ A- ]

JAKARTA – Musim hujan hampir mengguyur seluruh negeri, banjir pun terjadi di mana-mana. Bukan hanya masalah kerugian harta dan dampak lainnya yang perlu diperhatikan di saat musim banjir melanda, akan tetapi perlu juga mewaspadai penyakit-penyakit yang muncul di saat musim banjir.

Berikut informasi penyakit yang muncul di saat musim banjir yang disampaikan Pusat Komunikasi Publik Sekretariat Jendral Kementerian Kesehatan RI:

1. Diare.

Penyakit ini sangat terkait erat dengan kebersihan individu. Pada musim hujan dengan curah hujan yang tinggi dan potensi banjir meningkat, sumber-sumber air minum masyarakat, khususnya sumber air minum dari sumur dangkal, akan banyak ikut tercemar. Selain itu, pada saat banjir, biasanya akan terjadi pengungsian sehingga fasilitas dan sarana serba terbatas, termasuk ketersediaan air bersih. Itu semua potensial menimbulkan penyakit diare disertai penularan yang cepat.

Oleh karena itu, sebagai langkah antisipasi agar terhindar dari serangan diare, sebaiknya selalu membiasakan cuci tangan dengan sabun setiap kali akan makan/minum, serta sehabis buang hajat. Biasakan pula merebus air minum hingga mendidih setiap hari, serta menjaga kebersihan lingkungan, menghindari tumpukan sampah di sekitar tempat tinggal. Dan bila ada gejala-gejala diare, segera ganti cairan dan elektrolit yang hilang dengan minum oralit dan hubungi petugas kesehatan terdekat.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.