14/05/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

100 Santri Ikuti Penyuluhan PHBS

2 min read

[ A+ ] /[ A- ]

ROROTAN (KBK) – Sekitar 100 santri Pondok Pesantren Raudhoh Al Aitam, tingkat Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah, ikuti penyuluhan tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di Sekolah.

Kegiatan ini diadakan di Pondok Pesantren Raudhoh Al Aitam, Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, pada hari Kamis (3/3/2016).

Sari Bunga, Am.Keb, selaku Ketua Program Sekolah Sehat, Anak Indonesia Sehat dan Siaga Bencana mengatakan, program ini merupakan Program Kesehatan Masyarakat berbasis Kawasan Gerai Sehat Rorotan Dompet Dhuafa (DD) dan PTT Exploration and Production Public Company Limited (PTTEP).

“Pondok Pesantren Raudhoh Al Aitam adalah salah satu dari tiga pondok pesantren yang pertama kali memulai program kesehatan dengan tema PHBS” ungkap Bunga.

Diungkapkan Sari Bunga, selama ini masyarakat pondok pesantren memerlukan program kesehatan sebagai upaya peningkatan status kesehatan santri.

Dengan demikian, Gerai Sehat Rorotan membangun komitmen bersama dengan pihak Pondok Pesantren, Kementerian Agama Jakarta Utara, Kecamatan Cilincing dan Puskesmas Sukapura Kecamatan Cilincing untuk dapat menjalankan program kesehatan di lingkungan pondok pesantren secara bersama-sama.

Pada, kegiatan program pertama ini, tim program didukung oleh Relawan Pendamping Sekolah Sehat yang telah tercatat sebanyak 30 Relawan Pendamping Sekolah Sehat.

Mayang adalah satu Relawan yang turut serta dalam program kali ini sangat tertantang untuk berbagi wawasan dan ilmu tentang PHBS kepada para santri, “ Unik-unik sekali adik-adik santri selama kami menyuluh tentang pentingnya mencuci tangan (PHBS)”.

Antusiasme para santri turut diikuti oleh guru-guru dan pengasuh pondok pesantren, Ust Ulil menyambut dengan sangat terbuka bagi Gerai Sehat Rorotan Dompet Dhuafa untuk dapat memberikan pendampingan program kesehatan di Pondok Pesantren, “Tak hanya santri, para asatidz juga perlu diberikan informasi dan wawasan tentang kesehatan” terangnya.

Hal tersebut senada disampaikan oleh drg Ufo Pramigi selaku Kepala Gerai Sehat Rorotan yang turut menjadi Relawan Pendamping Sekolah Sehat, “ Kami sangat bersemangat dengan para santri dan asatidz (para ustadz/ustadzah) yang turut serta dalam kegiatan kami, saya optimis program ini akan menjadi wujud nyata peran dari Dompet Dhuafa dan PTTEP”

Tentu hal ini diketahui oleh Direktur LKC Dompet Dhuafa, dr Mohamad Ridlo menyambut baik upaya program kesehatan masyarakat di Pondok Pesantren, ia menyarankan agar setiap kegiatan dapat diikuti dengan memberdayakan pondok pesantren dalam hal yang dekat dengan kesehatan.

Hal tersebut diamini oleh Direktur CSR Dompet Dhuafa Herdiansah yang membidani kerjasama Dompet Dhuafa dengan PTTEP,  “Komitmen Kami bersama mitra PTTEP untuk terus memberikan layanan tepat sasaran” ujar Herdi dengan mantap.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.