16/04/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Kalau Anak Anda Demam DBD, Lakukan Tindakan Ini

2 min read

[ A+ ] /[ A- ]

JAKARTA  – Dokter Spesialis Anak Konsultan Bidang Infeksi dan Penyakit Tropis dari FKUI Sri Rezeki Hadinegoro menganjurkan parasetamol sebagai jenis obat yang diberikan pada anak yang mengalami demam tinggi sebagai gejala infeksi virus demam berdarah dengue (DBD).

“Khusus untuk demam berdarah, yang paling aman untuk menurunkan demam adalah parasetamol karena jenis obat ini tidak menimbulkan komplikasi,” kata Sri yang juga menjabat Guru Besar Divisi Infeksi dan Penyakit Tropis Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM pada sambutan Gerakan Nasional “Bersama Melawan Demam Berdarah” di Jakarta, Kamis.

Sri mengatakan parasetamol direkomendasikan oleh organisasi kesehatan dunia World Health Organization (WHO) untuk penanganan demam pada kasus dengue karena selain tidak berefek samping, parasetamol juga ringan dan tidak merangsang lambung.

Menurutnya, orangtua seringkali panik dalam memberikan obat ketika anak demam dan diduga DBD kemudian memberikan obat penurun panas yang merangsang lambung hingga menyebabkan anak mual dan muntah-muntah.

Selain parasetamol, anak juga perlu minum air putih yang banyak untuk mencegah dehidrasi saat demam atau perlu diberikan infus jika anak tidak bisa menelan cairan.

Halaman Berikut :WASPADA JIKA DEMAM TINGGI

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.