20/04/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

3.000 Masjid Jember Laksanakan Shalat Gerhana

2 min read

[ A+ ] /[ A- ]

JEMBER – Ketua Dewan Masjid Kabupaten Jember, Jawa Timur, KH Hawari Hamim mengatakan sebanyak 3.000 masjid di kabupaten setempat  menggelar shalat sunah gerhana yang bertepatan dengan gerhana matahari, Rabu (9/3/2016)

“Kami sudah mengimbau agar seluruh Ketua Takmir masjid, baik yang berada di desa maupun di wilayah perkotaan untuk mengajak jamaahnya melakukan shalat khusuf (shalat gerhana matahari) di masing masing – masjid masjid setempat,” tuturnya di Kabupaten Jember.

Menurutnya, shalat gerhana serentak itu bertujuan untuk meminta perlindungan dan keselamatan kepada Allah SWT dan kegiatan itu juga untuk pendidikan agama bagi masyarakat Jember yang merupakan daerah religius.

“Melakukan kegiatan shalat sunah khusuf juga dapat menjalin ukhuwah Islamiyah antar kaum muslimin di Kabupaten Jember,” ucap mantan anggota DPRD Jember itu.

Jumlah masjid di Kabupaten Jember mengalami peningkatan sejak tahun 2010 yang berjumlah sebanyak 2.728 masjid, sedangkan tahun 2015 tercatat sebanyak 3.000 masjid dan sekitar 4.028 mushala.

Sementara Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jember, Misbahussalam mengatakan pihaknya sudah mengimbau kepada majelis wakil cabang (MWC) NU di tingkat kecamatan dan ranting NU di tingkat desa untuk menggelar shalat khusuf secara serentak.

“Kami juga mengimbau seluruh warga nahdliyin untuk melakukan taubat atas dosa yang diperbuat dan memperbanyak pembacaan istigfhar, serta bersedekah,” katanya.

Warga NU, lanjut dia, diimbau dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk shalat gerhana berjamaah di lokasi terdekat dari tempat tinggalnya karena sebelum shalat akan diisi dengan penjelasan mengenai shalat gerhana.

Ia menjelaskan shalat gerhana ditujukan untuk menerima dan menyaksikan keagungan serta kebesaran Allah SWT, sehingga perlu dijelaskan kepada masyarakat terkait hal itu, bukan mitos yang selama ini berkembang.

“Peristiwa atau fenomena langka ini tentu akan menambah keimanan umat muslim dan merupakan momentum yang baik untuk memperkaya keimanan,” ujarnya.

Di Kabupaten Jember tidak akan terjadi gerhana matahari total, namun gerhana matahari sebagian dengan proses gerhana matahari dimulai pukul 06.21 WIB, tengah gerhana pukul 07.26 WIB dan akhir gerhana 08.40 WIB. – Antara

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.