29/03/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Sekitar 500 Rumah di Cirebon Terendam Banjir Kiriman dari Kuningan

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

CIREBON  – Ratusan rumah yang berada di Desa Gebang Udik Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, terendam banjir kiriman dari Kuningan yang tiba-tiba menggenangi wilayah mereka.

Kepala Desa Gebang Udik, Haerudin Sukarno, Rabu, (23/3/2016) mengatakan, air yang menggenangi pemukiman warga merupakan banjir kiriman dari sungai yang berhulu di Kuningan dan juga berasal dari Rob air laut.

“Jadi ada kiriman banjir dari Kuningan, ditambah air dari laut juga naik sehingga mengakibatkan sekitar 500 rumah terendam,” katanya.

Banjir mulai menggenangi Desa Gebang Udik Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon pada pagi tadi, air di sungai Ciberes terus meninggi, dikarenakan intensitas hujan di wilayah Kuningan yang cukup tinggi pada kemarin malam.

Banjir yang merendami rumah warga mencapai satu meter. Bahkan, rumah warga yang berdekatan dengan sungai, terendam hingga 1,5 meter.

Ia mengharapkan, pemerintah untuk segera memikirkan solusi atas permasalahan ini, karena menurutnya banjir yang terjadi di desanya sering terjadi, dikarenakan dangkalnya anak Sungai Cisanggarung.

Ia berharap pemerintah melakukan pengerukan dan membuat pembatas (tanggul) agar banjir tidak kembali dirasakan warga.

“Kami berharap pemerintah segera mencari solusinya, salah satunya yaitu dengan mengeruk dan membuat tanggul pembatas sungai,” ujarnya. – Antara

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.