20/04/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Pembantai Muslim Ini Hadapi Vonis Sidang PBB

2 min read

[ A+ ] /[ A- ]

DEN HAAG  – Hakim pengadilan PBB, Kamis (23/3/2016), mulai membacakan vonis dalam sidang genosida mantan pemimpin Serbia Bosnia Radovan Karadzic atas pembantaian Srebrenica pada 1995, yang merupakan kekejaman terburuk di Eropa sejak Perang Dunia Kedua.

Karadzic menjadi tokoh paling tinggi yang diajukan ke pengadilan PBB di Den Haag terkait perang dua dekade lalu, yang menewaskan 100 ribu orang, di mana tentara musuh memecah Bosnia berdasar suku yang kebanyakan masih hidup hingga saat ini.

Diantara dakwaan utama adalah bahwa Karadzic, yang ditangkap pada 2008 setelah diburu selama 11 tahun, mengendalikan pasukan Serbia yang membantai 8 ribu pria dan anak-anak lelaki Muslim di Srebrenica pada 1995, setelah menyerbu “kawasan aman” PBB.

Karadzic, yang pernah memimpin Republik Bosnia Serbia dan Komandan Tertinggi angkatan bersenjatanya, mengatakan dalam sebuah wawancara menjelang vonis bahwa ia bekerja untuk menegakkan perdamaian dan layak mendapat pujian, bukan hukuman.

“Perjuangan tetap saya untuk menegakkan perdamaian, mencegah perang dam mengurangi penderitaan siapapun, tak peduli apa agamanya, adalah contoh upaya yang layak mendapat penghargaan daripada hukuman,” katanya kepada portal berita Balkan Insight.

Mantan psikiater berusia 70 tahun yang masih dalam kondisi sehat itu, didakwa dengan dua dakwaan genosida, satu untuk Srebrenica dan satunya lagi untuk kampanye pembersihan Muslim Bosnia dan Kroasia dari dua kota di sekitar negara tersebut.

Ia terancam hukuman seumur hidup untuk dakwaan-dakwaan tersebut dan sembilan dakwaan lain untuk kejahatan perang dan kejahatan kemanusiaan.

Ia diperkirakan akan melakukan upaya banding yang bisa memakan waktu beberapa tahun, apapun vonisnya.

Perdana Menteri Serbia Aleksandar Vucic mengatakan ia akan membela warga Serbia Bosnia.

“Kami akan membela rakyat kami dan akan melindungi keberadaan serta hak mereka untuk memiliki negara sendiri,” katanya. – Antara

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.