25/04/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

14 Peneliti Unair Teliti Virus Flu Burung Jawa Timur

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

SURABAYA – Sebanyak 14 peneliti dari Avian Influenza Research Center (AIRC) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya meneliti sampel virus flu H5N1 atau flu burung yang kembali merebak di sejumlah wilayah Jawa Timur (Jatim).

Kepala AIRC Unair, Dr drh Chairul Anwar Nidom MS di Surabaya, Minggu mengatakan telah menerjunkan 14 peneliti untuk mengambil sampel virus di dua lokasi yaitu Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Banyuwangi.

Namun, kemungkinan lebih lanjut juga akan meneliti di beberapa lokasi lainnya yang diduga telah terjangkit virus H5N1.

“Kami telah bekerja sama dengan Dinas Peternakan Jatim karena flu burung kembali merebak di sejumlah daerah di Jatim. Kami akan menganalisis sampai seberapa jauh perubahan atau mutasi pada tubuh virus, termasuk apakah ada potensi virus untuk berubah pindah ke manusia,” katanya.

Ia mencontohkan pada pengambilan sampel virus flu burung dengan mengambil 20 spesimen sampel dari tubuh penjual unggas di pasar tradisional dan peternak ayam di sekitar lokasi kejadian.

“Sebanyak 7.000 unggas jenis itik, ayam, dan mentok di satu dusun di Banyuwangi dan 600 lainnya di satu desa di Lamongan dilaporkan positif mati karena virus flu H5N1, namun untuk kabupaten/kota lainnya kami masih menunggu laporan dari Dinas Peternakan Jatim,” kata dia.- Antara

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.