Thu. Dec 12th, 2019

Warta5.com

cerdas mewartakan

Laporan WHO : Penderita Diabetes di Dunia 422 Juta Orang

3 min read

[ A+ ] /[ A- ]

Diabetes Dapat Dicegah

 

Dikatakan Oleg Chestnov, Asisten Direktur Jenderal untuk NCD dan Kesehatan Mental WHO, diabetes dapat dicegah.

“Banyak kasus diabetes dapat dicegah, dan langkah-langkah yang ada untuk mendeteksi dan mengelola kondisi, meningkatkan kemungkinan bahwa orang dengan diabetes dapat hidup lebih panjang dan sehat,” kata Oleg Chestnov.

“Tapi hal itu sangat tergantung pada kemauan keras pemerintah, termasuk dengan menerapkan komitmen global untuk mengatasi diabetes dan (penyakit menular) lainnya.”

Ini termasuk pertemuan Sasaran Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang menargetkan 3,4 persen untuk mengurangi kematian dini dari penyakit menular (NCD), termasuk diabetes, sebesar 30 persen pada tahun 2030.

Pemerintah juga telah berkomitmen untuk mencapai empat komitmen nasional terikat waktu yang ditetapkan dalam 2014 oleh Majelis Umum PBB “Dokumen Laporan Penyakit Menular,” dan mencapai sembilan target global yang diletakkan WHO dalam “Rencana Aksi Global untuk Pencegahan dan Pengendalian NCD , yang meliputi menghentikan kenaikan diabetes dan obesitas.

“Sekitar 100 tahun setelah hormon insulin ditemukan, ‘Laporan Global Diabetes’ menunjukkan bahwa, obat esensial diabetes dan teknologi pengobatan termasuk insulin yang dibutuhkan untuk pengobatan, umumnya sudah tersedia di seluruh dunia termasuk satu dari tiga negara termiskin di dunia,” kata Etienne Krug, Direktur Departemen WHO Pengelolaan NCD, Cacat, Kekerasan dan Pencegahan Cedera.

“Akses ke insulin adalah masalah hidup atau mati banyak orang penderita diabetes. Meningkatkan akses terhadap insulin dan obat-obatan NCD secara umum harus menjadi prioritas,” kata Krug.

Hari Kesehatan Dunia adalah hari kesadaran kesehatan global dirayakan setiap tahun pada tanggal 7 April, di bawah sponsor dari WHO.

Pada tahun 1948, WHO mengadakan Majelis Kesehatan Dunia Pertama yang memutuskan untuk merayakan April 7 setiap tahun, dengan efek dari tahun 1950, sebagai Hari Kesehatan Dunia.

Hari Kesehatan Dunia diadakan untuk menandai berdirinya WHO, dan dipandang sebagai kesempatan oleh organisasi untuk menarik perhatian di seluruh dunia untuk subjek utama pentingnya untuk kesehatan global setiap tahun.

Sumber: Xinhua

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.