14/05/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Siswa SMP Muhammadiyah 5 Surabaya kenalkan Antiseptik Alami Tangkal Flu Burung

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

SURABAYA  – Siswa SMP Muhammadiyah 5 Surabaya memperkenalkan antiseptik alami yang bisa dimanfaatkan untuk menangkal virus Flu Burung.

Antiseptik alami itu merupakan campuran gel lidah buaya dan alkohol, air jeruk nipis, air lemon hingga air garam.

“Terbukti keempat antiseptik alami tersebut selain ampuh membunuh kuman kelebihan lainnya yakni mudah dibuat dan murah,” ungkap Syafii Humas SMP Muhammadiyah 5 Surabaya mengenalkan karya muridnya.

Siswa wajib mencuci tangan menggunakan antiseptik alami itu, sebelum menuju kantin sekolah untuk jajan atau makan. Tanpa perkecualian, semua siswa wajib mencuci tangannya.

Meskipun antiseptik kimiawi atau buatan pabrik sudah banyak ditemui dan mudah diperoleh, tetapi antiseptik alami punya kelebihan lain yaitu mudah dibuat sendiri di rumah.

Pada kegiatan Kamis (7/4/2016) selain memperkenalkan antiseptik alami, siswa juga diajak untuk mengingat bahwa 7 April diperingati sebagai Hari Kesehatan Dunia, bertepatan dengan lahirnya World Health Organization (WHO).

“Jadi siswa tidak sekadar mengenal antiseptik alami yang dapat mencegah penularan virus flu burung tetapi pada hari ini juga diperingati sebagai hari kesehatan dunia,” kata Syafii Humas SMP Muhammadiyah 5 Surabaya

Diharapkan melalui kegiatan ini, siswa memiliki kesadaran sendiri untuk menjaga kesehatannya dengan cara mudah dan murah yaitu dengan selalu mencuci tangan, setiap akan melakukan pekerjaan atau sesudahnya.

“Jika tidak punya antiseptik kimiawi yang dibeli di toko, siswa dapat membuatnya sendiri dari bahan-bahan alami yang khasiat dan manfaatnya tidak berbeda. Pengetahuan sederhana ini penting,” kata Syafii seperti dikutip KBK dari SurabayaNews

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.