Thu. Dec 12th, 2019

Warta5.com

cerdas mewartakan

Waspada, Obesitas Anak Terus Meningkat

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

YOGYAKARTA – Angka obesitas di kalangan anak di Indonesia menunjukkan tren meningkat. Salah satu faktornya adalah perbaikan kondisi ekonomi keluarga yang menyebabkan mudahnya akses aneka bentuk makanan. Namun, ada faktor eksternal yang juga mempengaruhinya.

Menurut penelitian dr. Emy Huriyati dari Departemen Ilmu Gizi dan Kesehatan, Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, sekitar 30 persen orang Indonesia kini mengalami obesitas. Di kalangan remaja dan anak-anak, angkanya mencapai 10 persen dari populasi dan dikhawatirkan terus meningkat.

Obesitas terus meningkat, menurut dr. Emy, karena pola konsumsi yang tidak sehat.

Di Indonesia, anak-anak dari keluarga dengan kondisi ekonomi menengah keataslah yang mengalami ini, karena kemudahan mengakses berbagai jenis makanan. Orang tua cenderung ingin anaknya banyak makan, dan memilih jenis-jenis makanan berkalori tinggi. Jenis makanan cepat saji juga demikian populer dan digemari anak-anak, termasuk menu-menu yang mengandung gula tinggi. Pada saat bersamaan, anak-anak terutama di perkotaan mulai kekurangan aktivitas fisik, karena meningkatnya hobi bermain games.

“Kalau menurut data kita, sekitar 30 persen obesitas pada kelompok dewasa. Kalau anak-anak dan remaja di penelitian kita itu sepuluh persen yang obesitas. Tetapi, di kelompok remaja ini bukan hanya masalah obesitas, karena tekanan darahnya juga mulai naik. Pada kelompok remaja, siswa-siswa SMA. Karena memang penelitian saya dilakukan terhadap anak-anak SD, SMP dan SMA. Remaja ini sudah mulai bermasalah karena pola hidupnya, tidak seperti kita dulu yang banyak berlari-lari. Sekarang anak-anak kebanyakan bermain gadget,” ujar dr. Emy seperti dikutip KBK dari VOA Indonesia.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.