25/04/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Murid SD Belajar Kurban

2 min read

[ A+ ] /[ A- ]

SIJUNJUNG (KBK) – Kepala Sekolah SD IT Kautsar Ilmi, Kab. Sijunjung, Bambang Irawan, S.Pd, tak ingin anak muridnya hanya disuguhi pendidikan formal saja.  Ia memandang perlu menanamkan pola pendidikan islami bagi anak, dengan mengenalkan beragam konsep ibadah bagi anak.

Salah satunya ibadah kurban, yang merupakan momen ibadah yang sakral dilaksanakan umat muslim setiap tahunnya. Sebagai metode pembelajaran dini bagaimana hakikat indahnya berbagi dalam agenda kurban, Bambang bekerjasama dengan Dompet Dhuafa Singgalang sepakati pengadaan tabungan kurban bagi anak muridnya.

“Berkurban adalah salah satu bentuk ibadah yang sarat nilai bagi anak. disana anak-anak bisa belajar bagaimana ia menyisihkan sebagian harta yang dimilikinya untuk bisa dinikmati bersama. Dengan adanya tabungan kurban mereka belajar bagaimana bersabar mengumpulkan uang sedikit demi sedikit dengan menabung, belajar mengikhlaskan tabungan ini nantinya untuk dibelikan hewan ternak yang nantinya disemblih dan dibagikan untuk sesama,” tutur Bambang seusai penandatanganan MoU kerjasama pengadaan tabungan kurban didampingi tim Dompet Dhuafa Singgalang yang diwakili oleh Fera Marleni pada Rabu (13/4/2016).

Tabungan kurban yang disuguhi bagi anak dikemas berupa celengan dengan desain secara apik dan menarik bagi anak. Sebanyak 50 celengan diserahkan langsung kepada Bambang seusai penandatanganan MoU kerjasama.

Pada prakteknya nanti, celengan ini akan dibagikan bagi anak untuk dibawa pulang. Anak-anak bebas menabung berapapun nominal yang ingin ia simpan di celengan. Setiap bulannya, tabungan yang terkumpul nantinya dihitung dan disimpan di kas Dompet Dhuafa Singgalang. Saat nilai tabungan kurban mencukupi menjelang hari raya Idul Adha, tabungan akan dibelikan dalam bentuk hewan kurban yang penerima manfaat dagingnya telah dipersiapkan dan direkomendasikan oleh pihak sekolah. -nisa

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.