28/03/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Erdogan Imbau Kaum Muslimin Lebih Banyak Kunjungi Yerusalem

2 min read

[ A+ ] /[ A- ]

ANKARA (KBK) – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menghimbau agar lebih banyak kaum muslimin mengunjungi Yerusalem untuk mendukung warga Palestina.

“Kami, sebagai umat Islam, harus mengunjungi Al-Quds [Yerusalem] lebih sering,” kata Recep Tayyip Erdogan dalam acara pembukaan Forum Internasional tentang Wakaf Al-Quds, yang diadakan di Istanbul.

Hampir 600.000 orang Amerika, 400.000 orang Rusia dan 300.000 warga Prancis mengunjungi Yerusalem pada tahun 2015, kata Erdogan.

Namun, meski Turki memiliki jumlah pengunjung terbanyak ke Yerusalem dari kalangan negara Muslim – sekitar 26.000 – Erdogan bertanya mengapa “ratusan ribu” umat Islam tidak boleh berkunjung juga ?

Presiden mengatakan, kunjungan semacam itu akan menjadi dukungan terbesar bagi saudara-saudara kita di sana.

Berbicara tentang konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan Palestina, Erdogan mengatakan bahwa perdamaian permanen di wilayah yang lebih luas tidak mungkin “tanpa solusi yang adil untuk masalah Palestina”.

Menggambarkan praktik Israel sebagai “rasis” dan “diskriminatif,” dia mengatakan embargo di Gaza oleh Israel “tidak memiliki tempat dalam kemanusiaan”.

“Inilah satu-satunya solusi,” dia menekankan: “Pembentukan negara Palestina yang berdaulat dan merdeka sepenuhnya, dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya sejak 1967.”

Israel menduduki Yerusalem Timur pada tahun 1967. Ini secara sepihak mencaplok seluruh kota pada tahun 1980, mengklaimnya sebagai modal “abadi dan tak terbagi” dalam sebuah langkah yang tidak pernah diakui oleh masyarakat internasional.

Erdogan mengatakan Turki akan terus mendukung “upaya diplomatik yang dipimpin oleh Presiden Palestina Mahmoud Abbas” dan meminta masyarakat internasional untuk menunjukkan kepedulian yang dibutuhkan mengenai isu-isu terkait Al-Quds.

“Al-Quds suci untuk ketiga agama ilahi,” katanya, menambahkan: “Ini adalah jantung dan ringkasan dari semua sejarah manusia.”

Erdogan menambahkan, baik dalam hal agama dan tanggung jawab historis kita, Al-Quds dan pertarungan saudara-saudara kita di Palestina untuk hak dan keadilan sangat penting bagi kita. Kami akan terus berupaya Quds untuk berubah menjadi kota damai.

Dikutip dari Anadolu Agency, di antara upaya tersebut, katanya, adalah untuk menghidupkan kembali wakaf, atau yayasan, yang menurutnya memiliki peran penting dalam melindungi semangat Palestina.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.