20/04/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Butuh Bantuan Segera : 650.000 Anak Terdampak Perang Mosul

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

RIYADH – Berakhirnya perang di Mosul, Irak, badan anak-anak PBB UNICEF telah mengajukan permohonan mendesak untuk mendapatkan bantuan dan perlindungan untuk 650.000 anak-anak yang terkena dampak konflik selama tiga tahun terakhir.

Hamida Ramadhani, perwakilan UNICEF di Irak, mengatakan, meski perang di Mosul akan segera berakhir, luka dalam fisik dan mental anak-anak membutuhkan waktu untuk sembuh.

“Sekitar 650.000 anak laki-laki dan perempuan, yang telah mengalami mimpi buruk selama terjadi kekerasan di Mosul. Dalam 3 tahun terkahir anak-anak telah membayar harga yang mengerikan dan mengalami banyak kengerian,” kata Hamida.

“Beberapa anak menderita di kantong kekerasan, mereka bertahan di Mosul barat. Seorang dokter yang kami ajak bicara mengatakan, anak-anak dan ibu-ibu terluka dan terbungkus debu dan tanah; Beberapa di antaranya kekurangan gizi, yang merupakan harga yang dibayar anak-anak untuk hidup dalam pertempuran berat selama hampir 10 bulan, “tambahnya.

Dalam tiga hari terakhir, UNICEF dan mitranya telah melihat peningkatan jumlah anak-anak tanpa pendamping datang ke fasilitas medis dan area resepsionis. Beberapa bayi dibawa masuk telah ditemukan sendiri di puing-puing.

“Bayi dan anak yang tidak didampingi yang tiba di pusat trauma dan tempat berkumpul segera dibawa ke penampungan UNICEF dan organisasi kemanusiaan lainnya sehingga mereka dapat dibantu dan jika memungkinkan, berkumpul kembali dengan keluarga mereka,” kata Ramadhani seperti dikutip KBK dari ArabNews.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.