28/03/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Sochif : Senang Bantu Pekurban THK Dompet Dhuafa

3 min read

[ A+ ] /[ A- ]

TEMPURSARI – Wajah Sochif Sulistiawan, Mitra Ternak Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa terlihat gembira dan bersemangat menceritakan kisahnya mengantarkan kambing kurban ke sebuah desa, tahun lalu.

Ia mengantarkannya dengan menggunakan motor, karena desa tersebut berada di puncak bukit sehingga tak ada mobil yang bisa mengantar ke sana. Desa tersebut pun hanya bisa diakses dengan jalan kaki dan motor, itupun harus sangat hati-hati karena di sisi jalan adalah jurang yang dalam. Kendatipun jalan yang terjal dan licin, tidak menghentikan semangat Sochif mengantarkan 2 ekor kambing ke desa tersebut, amanah pekurban dari THK Dompet Dhuafa.

Dikatakan Sochif, kalau kurban dari THK Dompet Dhuafa tidak ada yang di kota atau yang gampang diakses, melainkan diperuntukan ke desa pelosok yang susah diakses dan jarang mendapatkan kurban.

Namun bagi Sochif sebagai mitra ternak THK, di Desa Tempursari, Kecamatan Candimulyo, Magelang, sangat senang membantu pengadaan dan mendistribusikan hewan kurban itu meskipun harus mengantarnya jauh ke pelosok.

“Susah memang, tapi saya yakin ada berkah di balik itu semua. Apalagi ketika melihat senyum gembira warga pelosok ketika kami serahkan ternak kurban amanah pekurban THK, hilang rasa susah dalam mendistribusikan dan hidup ini terasa sangat berarti karena bisa menghadirkan senyum kepada saudara semuslim yang jauh di desa,” kisah Sochif kepada Tim Quality Control dari THK Dompet Dhuafa ketika berkunjung ke kandangnya, beberapa hari lalu.

Kandang domba Mitra THK Dompet Dhuafa Sochif di Desa Tempursari, Kecamatan Candimulyo, Magelang, rapi dan bersih. Dombanya juga terawat dengan baik. Foto: Yuli Pujihardi/THK

Tim Quality Control THK Dompet Dhuafa menyaksikan sendiri, ketika sampai di kandang Domba Sochif, ia sedang asyik membersihkan sendiri kotoran domba dari kolong kandang.

“Agar domba domba yang dipelihara untuk keperluan kurban THK Dompet Dhuafa sehat-sehat, kandang harus selalu bersih dari kotorannya, begitu juga lingkungan kandang juga harus bersih dan agar tidak bau seperti kandang hewan pada umumnya,” terangnya.

Bagi Sochif, kotoran yang ia kumpulkan dari kandang semuanya diolah menjadi pupuk untuk kebun rumput yang ia tanam untuk keperluan ternaknya.

Kandang domba Sochif berada di lereng bukit berukuran 13 meter x 20 meter terlihat bersih dan rapi walau hanya terbuat dari bambu betung, pohon yang memang sangat banyak tumbuh di desanya, atap kandang dibuat lebih tinggi agar sirkulasi udara di lingkungan kandang tetap bersih dan segar.

Bagusnya, Scohif memisahkan kambing sesuai dengan bobotnya, yang sudah sesuai dengan standar THK di atas 23 kg bahkan ada yang mencapai 29 kg dengan kambing atau domba yang dibawah persyaratan.

Namun ia yakin dan optimis dengan memberikan tambahan vitamin semua hewan kurban yang ia pelihara akan mencapai persyaratan tersebut.

Sochif senang bisa membantu menyediakan hewan kurban dan gembira juga hewan kurban yang dirawatnya bakal dipotong untuk kurban melalui THK Dompet Dhuafa, makanya ia dengan penuh syukur dan ikhlas merawat semua domba miliknya agar semua sehat-sehat agar para pekurban tidak kecewa.

Sochif dan dombanya

“Harapan saya, tahun ini agar banyak orang berkurban melalui THK, sehingga banyak orang yang terbantu dan saya pun senang ikut membantu proses kurban THK tahun ini, bahkan saya dengan rela memanggul hewan kurban seperti tahun lalu, mengantar ke desa yang sulit dilalui itu,” pungkas Sochif.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.