20/04/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Peduli Rohingya, Mahasiwa UIN Jakarta Galang Dana

2 min read

[ A+ ] /[ A- ]

CIPUTAT –  Tragedi kemanusiaan yang melanda etnik Rohingya di Myanmar, memicu keprihatinan dunia. Begitu juga organisasi intra kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Organisasi ini turut melakukan penggalangan donasi untuk bantuan kemanusiaan di Rakhine Myanmar. Bergabung dalam aksi ini beberapa organisasi  mahasiswa seperti KMPLHK RANITA, Dewan Mahasisawa (Dema) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Forum UKM. Aksi ini juga berkerjasama dengan STF (Social Trust Fund) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Penggalangan donasi dimulai Rabu (6/9/2017) diikuti dengan  pendirian Posko sebagai Pusat Informasi mengenai Bencana Kemanusiaan di Rakhine State itu.

Social Trust Fund UIN Syarif Hidayatullah ini,  juga berpartisipasi dalam program bantuan kemanusiaan untuk Rakhine State, Myanmar, dalam Aliansi Kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar (AKIM) bersama 11 lembaga lain.

Kegiatan AKIM ini sudah diinisiasi sejak Februari 2017 namun baru diresmikan pada tanggal 31 Agustus 2017 bertempat di Gedung Pancasila Kemenlu dan disaksikan Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri RI. Dari kesebelas lembaga tersebut, hanya STF yang berlatarbelakang dari institusi Pendidikan Tinggi Islam.

Selain itu, Kamis kemarin, dilakukan aksi solidaritas Myanmar, di depan pintu keluar kampus 1 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Aksi ini dilakukan saat sore hari setelah salat Ashar.

Dr Amelia Fauzia selaku Direktur STF UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,  mengatakan, aksi ini mengajak semua civitas akademika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk ikut prihatin dan peduli terhadap konflik kemanusiaan yang terjadi di Myanmar.

“RANITA (Kembara Insani Ibnu Batutah) membawa pesan intelektualisme dan kemanusiaan dari Ibnu Battutah. Social Trust Fund juga demikian, membawa visi filantropi Islam (yang bersumber ajaran Qur’ani dan Nabi Muhammad) untuk perubahan sosial yang berkeadilan sosial, inklusi dan damai bagi kemanusiaan yang universal, “ pungkasnya.

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.