29/03/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Korban Banjir Solok Selatan Diserang Penyakit

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

PADANG — Warga korban banjir bandang yang melanda Pakan Rabaa Tangah Kecamatan Koto Parik Diateh, Solok Selatan beberapa waktu lalu, mengeluhkan beberapa penyakit.

“Warga korban banjir yang terserang penyakit harus segera ditangani. Saat ini masyarakat sedang menjalani fase pemulihan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, dr. Merry Yuliesday pada wartawan, Selasa (26/9/2017) di Padang.

Kadinkes mengatakan kondisi tersebut segera dapat diatasi, karena kesehatan masyarakat yang terkena banjir bandang tidak berpotensi mewabah. Sebab masa kritisnya sudah terlewati.

“Lokasi yang terkena galodo kebanyakan adalah lahan pertanian dan perumahan masyarakat. Lokasi perumahan masyarakat agak sulit dijangkau, ini yang menyulitkan bagi petugas dalam memberikan bantuan,” kata Merry.

Meskipun demikian, petugas dari Dinas Kesehatan provinsi tetap berusaha menembus lokasi untuk memberikan bantuan dan pemeriksaan kesehatan. Bantuan disalurkan pada Ahad (24/9/2017), berupa Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi ibu hamil dan balita. Juga dibagikan sembako untuk kebutuhan masyarakat terdampak banjir.

Bantuan lainnya yang disalurkan hari itu, juga berasal dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) berupa kompor gas, perangkat sekolah serta makanan.

“Bantuan itu kami serahkan di posko bencana dan diterima Camat Pakan Rabaa. Dan tentunya bantuan tersebut diharapkan bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang terkena musibah galodo,” ujar Merry seperti dikutip KBK dari Haluan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.