19/04/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Israel Jadikan Tepi Barat sebagai Tempat Pembuangan Limbah Berbahaya

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

TEPI BARAT – Otoritas Israel menjadikan Tepi Barat sebagai kubangan pembuangan sampah berbahaya yang jumlahnya terus meningkat, sementara pihak Palestina berusaha mengatasi fenomena ini.

Banyak pemilik pabrik Israel, baik yang di dalam wilayah Palestina terjajah sejak tahun 1948 atau bahkan di permukiman-permukiman industri yang tersebar di Tepi Barat, sengaja membuang sampah pabrik mereka ke wilayah Tepi Barat, untuk dimusnahkan di sana, karena murahnya biaya dan kemudahan transportasi ke sana.

Proses ini terjadi berkat koordinasi dengan para kontraktor Arab baik dari penduduk wilayah Palestina terjajah sejak tahun 1948 atau bahkan dari dalam Tepi Barat, dengan imbahan materi.

Menurut sejumlah lembaga HAM, pihak-pihak Zionis telah menggunakan lebih dari 50 lokasi untuk membuang sampah berbahaya di Tepi Barat dengan berbagai cara.

Warga Palestina Ali Syabita dari desa Azun di timur Qalqilia, menginformasikan adanya kubangan (TPA) yang digunakan untuk menimbun sampah penjajah Zionis yang berada di antara Azun dan Jayus, menyebabkan penularan penyakit dan dari tempat tersebut.

“Dari kubangan itu keluar uap bahan kimia yang terkadang menimbulkan ancaman bagi warga,” ungkapnya.

Menurut Laporan Info Palestina, truk-truk yang membawa sampah berbahaya Zionis menuju TPA Zahra Finjan di Jenin, wilayah utara Tepi Barat, hanya satu kasus dari banyak kasus di mana otoritas penjajah Zionis merubah Tepi Barat menjadi kubangan pembuangan sampah berbahaya dari sampah-sampah Zionis.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.