29/03/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Fadli Zon Khawatir Pindah Ibukota Hanya Wacana

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

Jakarta – Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengomentari rencana pemindahan ibukota yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo. Menurutnya, pemindahan ibukota yang didengungkan sekarang ini adalah baru sebuah wacana.

“Saya khawatir rencana pemindahan ibukota hanyalah sebagai pengalihan isu akan ketidakmampuan presiden dalam menangani permasalahan yang terjadi di negeri ini, kasus ini sangat mirip dengan kasus mobil nasional SMK yang akhirnya hanya pepesan kosong belaka,” kata Fadli Zon saat menjadi pembicara di seminar dengan tema Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara yang diselenggarakan di Gedung Nusantara, DPR/MPR, pada Selasa (3/9).

Dikatakannya, Presiden harus memperhatikan hak-hak masyarakat. Menurutnya, jangan sampai pemindahan ibukota hanya keinginan Presiden pribadi.

“Tentang pemindahan ibukota belum ada domumen legal yang masuk ke DPR,” tandasnya.

Dia juga menyoroti anggaran pemindahan ibukota yang belum ada di RAPBN 2020. Dia bahkan bertanya kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani, anggaran yang akan digunakan darimana sumbernya.

“Pemerintah harusnya lebih fokus tentang persoalan yang lebih urgen, seperti Papua daripada pemindahan ibukota,” jelasnya.

Fadli Zon mengungkapkan pemindahan ibukota membutuhkan payung hukum yang kuat, dan itu diperoleh melalui jalan yang panjang. Dalam pemindahan ibukota banyak undang-undang yang harus dibuat, diantaranya tentang sumber dana, pengadaan lahan, infrastruktur dan lainnya.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.