Fri. Nov 22nd, 2019

Warta5.com

cerdas mewartakan

Batu 200 Ton Timpa Rumah Warga dan Sekolah

1 min read

Batu berbobot 200 ton menggelinding dari gunung di Purwakarta, menimpa 6 rumah warga dan 1 sekolah. Foto: Pikiran Rakyat

[ A+ ] /[ A- ]

PURWAKARTA – Batu seberat 200 ton meluncur dari sebuah gunung di Purwakarta, enam unit rumah dan satu bangunan sekolah rusak.

Masyarakat menduga jatuhnya batu di Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Selasa (8/10/2019) tersebut, akibat aktivitas tambang di dekat permukiman mereka, yang menggunakan bahan peledak.

“Ledakan itu sepertinya telah memicu batu-batuan besar dari gunung jatuh menimpa rumah warga,” kata Kepala Desa Sukamulya, Oded, di lokasi kejadian, seperti dikutip Pikiran Rakyat.

Dari data Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Purwakarta, tercatat sebanyak tujuh bangunan yang mengalami kerusakan parah karena tertimpa material batu.

Batu yang jatuh menggelinding dari ketinggian hingga 500 meter juga menghancurkan pepohonan dan jalan yang biasa digunakan warga. Lintasan jatuhnya batu seberat sekitar 200 ton itu menimbulkan cekungan sedalam beberapa cm.

“Batu yang jatuh tak terhitung jumlahnya. Dari mulai yang seukuran kepala sampai yang seukuran rumah,” ujar Oded.

Namun, ia bersyukur tidak ada warga yang menjadi korban jiwa maupun luka-luka karena warga tengah beraktivitas di luar ruangan pada saat kejadian. (KBK)

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.