Fri. Nov 22nd, 2019

Warta5.com

cerdas mewartakan

Anyaman Rotan Warga Panjalin Lor Tembus Pasar Eropa

1 min read

Anyaman rotan binaan Dompet Dhuafa tembus pasar Eropa. Foto: DD

[ A+ ] /[ A- ]

MAJALENGKA — Anyaman rotan buatan warga Desa Panjalin Lor, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka dapat menembus pasar ekspor. Tidak main-main, produk anyaman rotan berupa pot bunga ini menembus pasar Eropa seperti negara Belanda.

Pot bunga berbahan rotan tersebut dibuat oleh ibu-ibu dan bapak-bapak warga Desa Panjalin Lor yang merupakan binaan Dompet Dhuafa Jabar. Mereka diberdayakan Dompet Dhuafa Jabar melalui program “JANGKAR” (Jabar Berdaya dengan Kampung Rotan).

“Dalam program ini, Dompet Dhuafa Jabar memberdayakan masyarakat sekitar untuk bisa memproduksi pot anyaman rotan. Sebelumnya, para penerima manfaat mendapatkan pelatihan. Mereka juga mendapatkan bantuan modal awal (modal stimulan) untuk membeli bahan-bahannya,” kata Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jabar, Andriansyah, Jumat (11/10).

Andriansyah menjelaskan, hasil produksi anyaman warga binaan Dompet Dhauafa Jabar tersebut akan diserap oleh perusahaan ekspor di Majalengka untuk dipasarkan di Eropa. Dalam proses produksinya tidak jarang pihak perusahaan melihat secara langsung proses produksi.

“Kadang pihak perusahaan pengekspor anyaman rotan ingin melihat secara langsung proses pelatihan yang diadakan Dompet Dhuafa Jabar. Kedatangan mereka juga sekaligus memberikan arahan kepada para peserta pelatihan mengenai kualitas anyaman agar masuk spesifikasi kualitas ekspor,” ujarnya. – Yogi

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.