Wed. Feb 26th, 2020

Warta5.com

cerdas mewartakan

Canangkan Progam Pulau Sehat, DD dan KF Peringati HKN di NTB

2 min read

[ A+ ] /[ A- ]

LOMBOK — Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional dimeriahkan Dompet Dhuafa (DD) bersama Kimia Farma (KF) di Nusa Tenggara Barat dengan mencanangkan Program Pulau Sehat Indonesia. Kegiatan ini digawangi LKC NTB berlokasi di Gili Gede Indah Sekotong, Lombok Barat, NTB.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada hari Minggu (17/11/2019) ini antara lain senam sehat, bersih pantai, makan buah bersama, skrining faktor resiko penyakit tidak menular, pemeriksaan dan pengobatan, serta acara seremoni.

Dihadiri Dharma Syahputra, Direktur Umum dan Human Capital PT Kimia Farma; Yuli Pujihardi, Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa; Hj Laila, Perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB; Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat, Kepala Puskesmas Pelangan, Ketua IBI Kabupaten Lombok Barat, kepala Desa Gili Gede Indah, dan tamu undangan lain.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari 11 kawasan Sehat LKC Dompet Dhuafa se Indonesia. Program ini akan mengimplementasikan 9 indikator kawasan sehat berbasis kepulauan yang memiliki karakteristik masyarakat dengan sosial budaya dan pendekatan khusus. Selain itu menjembatani akses progam kesehatan yg masih kurang menjangkau daerah kepulauan.

Keterbatasan akses pelayanan kesehatan di pulau-pulau yang ada di NTB dapat di jembatani dengan Klinik Apung kerja sama antara Dompet Dhuafa dan Kimia Farma. Program ini telah menjangkau 5 Gili diw Lombok Barat dengan jangkauan terjauh ke Wilayah Bangko-bangko sejak April 2019 dengan total penerima manfaat sebanyak 7.720 jiwa.

Kehadiran layanan kesehatan dengan klinik Apung akan diperkuat dengan program pemberdayaan kesehatan masyarakat berbasis kearifan lokal dan kerja sama multistakeholder berbagai pihak baik pemerintah, lembaga kedinasan, maupun mitra swasta.

Salah satu yang terlibat adalah Tim Nusantara Sehat yang memiliki kesamaan visi membangun kesehatan di daerah terpencil akan menambah ketersediaan tenaga kesehatan yang cukup terbatas.

Selain itu tokoh masyarakat, pemuda, dan relawan kesehatan akan bersama-sama melakukan upaya pembangunan kesehatan secara bersinambung di wilayah pulau sehat Indonesia khususnya di Lombok Barat dan wilayah lain di NTB.*

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.