Thu. Dec 12th, 2019

Warta5.com

cerdas mewartakan

Melirik Kampung Al Quran di Sumatera Utara

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

Kota Pinang – Rumah Quran Violet (RQV) Indonesia mendeklrasikan kampung Al Quran di Labuhan Batu Selatan (Labusel), Kota Pinang, Sumatera Utara. Beberapa waktu lalu, RQV mewisuda 120 santri penghapal Al Quran. Ketua RQV Sultan Muda Azmi Fajri Usman mengatakan organisasinya memiliki visi melahirkan ratusan ribu penghapal Al Quran.

Wisuda ini melibatkan warga setempat yang memang menyambut antusias kehadiran lembaga tersebut. Beberapa keluarga pun terharu dengan putra putri mereka yang telah lulus mengikuti pendidikan ini.

Terpilihnya Kabupaten ini sebagai Kampung Al Quran berdasarkan atas beberapa penilaian. Diantaranya, kualitas santri, antusiasme warga, kondisi daerah dan jumlah masyarakat yang terlibat aktif dalam peningkatan kapasitas dan kualitas masyarakat Labusel dalam mencintai Al Quran.

RQV Labusel telah berdiri sejak tahun 2016 dan aktif membina lebih dari seratus anak. Deklarasi kampung Al Quran ini membawa moto “Berani , Sehat , Kaya, Bahagia bersama Al Qur’an”.

Peserta penghapal Al Quran adalah dari kalangan yatim, piatu dan dhuafa yang bersama-sama mendeklarasikan untuk terus hidup bersama Al Quran. Selain anak, organisasi ini juga menyasar kalangan muda dan dewasa untuk lebih dekat dengan kitab suci umat Islam ini.

Deklarasi kampung Quran sendiri bertujuan untuk mewujudkan pribadi yang berjiwa Qurani. Setelah deklarasi kampung Al Quran , RQV dan Masyarakat Labusel selanjutnya berkomitmen untuk melahirkan seribu rumah Al Quran dan lima ribu penghafal Quran untuk wilayah Labusel. Berdasarkan informasi dari situsnya, yayasan ini memiliki cabang di beberapa wilayah di Tanah Air. Sebelum di Labusel, RQV juga mendirikan Kampung Al Quran di Cianjur dan Majene. (*)

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.