Wed. Jun 3rd, 2020

Warta5.com

cerdas mewartakan

Meriahkan Muktamar V, PP Salimah Adakan Festival Shalawat

2 min read

[ A+ ] /[ A- ]

JAKARTA – Departemen Dakwah, Pimpinan Pusat Persaudaraan Muslimah (PP Salimah ) isi rangkaian Muktamar V yang diselenggarakan di Hotel Millennium Jakarta, Festival Shalawat.

Siti Faizah Ketua Umum Salimah, Jumat, 6/3/2020, menjelaskan, “bershalawat kepada Rasulullah SAW berarti menjalankan perintah Allah SWT dalam Al Qur’an, sebagaimana tercantum dalam surat al Ahzab ayat 56. Shalawat menjadi ungkapan cinta kepada Rasul sebagai teladan sepanjang masa bagi umat Islam. PP Salimah sebagai organisasi perempuan yang peduli terhadap peningkatan kualitas hidup perempuan dan membawahi 3000 Majlis Taklim mempersembahkan Salimah Bershalawat sebagai sarana pembelajaran bagi kalangan muda dan ibu-ibu Majlis Taklim khususnya. Salimah ingin menjadi bagian dari ormas yang ikut mensyiarkan Shalawat kepada umat,” urainya.

Sebagai bentuk perhatian, kecintaan dan dukungan terhadap acara festival shalawat ini, Ketua Umum PP Salimah menuliskan syair shalawat. Dimana inti dari shalawat tersebut adalah bagaimana kita meneladani Rasulullah dalam memuliakan perempuan, sayangi anak dan utamakan keluarga.

Sinta Santi, Ketua Departemen Dakwah Salimah menyampaikan tujuan dari diselenggarakannya festival ini, “tujuan pelaksanaan Festival Shalawat ini, yang pertama untuk menguatkan ruh kecintaan pada Rasulullah SAW. Kedua, memberikan gambaran sejarah singkat munculnya Islam dan maulid serta shalawat di Indonesia. Ketiga, mengedepan nilai persatuan di kalangan masyarakat lewat semarak shalawat dan yang keempat, memberikan wawasan kearifan lokal terhadap perbedaan tradisi di Indonesia”, jelasnya.

Sebelum acara ini, juga disampaikan juara Shalawat dan’ program Salimah bershalawat yang digaungkan sejak Desember 2017. Para juara ini merupakan kumpulan grup Shalawat perwakilan dari Pimpinan Wilayah (PW) hingga Pimpinan Cabang (PC) Salimah di seluruh Indonesia. Di mana setiap grup terdiri dan’ sepuluh hingga limabelas orang. Para peserta lomba telah mengikuti tahapan seleksi di tingkat wilayah yg menghadirkan grup shalawat dan qosidah dari berbagai majlis taklim.

Dalam Festival Shalawat ini, akan ditampilkan berbagai macam shalawat. Bukan hanya sekedar dinyanyikan, tetapi juga dijelaskan makna dari shalawat tersebut. Nur Hamidah sebagai penanggungjawab acara Festival Shalawat menjelaskan hal yang melatari Festival Shalawat ini diselenggarakan, “kecintaan kepada Rasulullah SAW adalah hal yang mutlak. Kita bisa lihat yang berkembang di masyarakat, mengungkapkan rasa cinta tersebut dengan berbagai cara dan inovasi, termasuk dengan syair shalawat. Disinilah mulai terjadi sudut pandang yang berbeda, ada yg menentang dan mendukungnya. Dengan demikian mencari jalan tengah yang lebih bijak maka Departemen Dakwah Salimah akan memberikan pencerahan wawasan menumbuhkan cinta kepada Rasulullah SAW dari aspek sejarah, jelasnya.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.