29/03/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Agar Rapat Zoom Aman dari Gangguan

2 min read

[ A+ ] /[ A- ]

JAKARTA – Masa pandemi Covid-19, rapat menggunakan zoom telah menjadi norma bagi karyawan kantor, pelajar dan siapa saja yang ingin ngobrol ramai-ramai secara daring.

Bukan hanya menghadiri pertemuan resmi dengan kolega atau kelas online, Zoom juga digunakan untuk menghadiri pernikahan, karena berpergian ke luar negeri atau bahkan di dalam negeri yang dibatasi karena pandemi.

Tentunya, karena sudah ramainya pengguna Zoom di dunia, ada saja orang-orang yang tidak bertanggungjawab yang berusaha melakukan serangan siber baik untuk kepentingan sendiri atau kepentingan lain.

Serangan itu bisa dalam bentuk mencuri data pengguna untuk tujuan kejahatan atau pembajakan ada pula yang menggunakan untuk kepentingan bisnis.

Semua faktor ini menjadi alasan untuk berhati-hati dalam mengguna Zoom. Faktor keamanan harus diperhatikan, banyak alasan untuk mengamankan percakapan, menghindari gangguan yang tidak diinginkan dari orang asing dan lainnya.

Berikut adalah solusi cepat untuk membantu Anda mengamankan Rapat Zoom Anda:

* Menggunakan ID pribadi untuk rapat adalah kesalahan yang banyak dilakukan orang. Untuk rapat umum, nonaktifkan ID pribadi Anda, gunakan id rapat yang dibuat secara acak.

* Selalu setel kata sandi untuk bergabung dengan rapat Anda untuk menghindari gangguan acak alias Bom Zoom.

* Nyalakan ruang tunggu secara default dengan masuk ke menu pengaturan. Tidak ada yang bisa bergabung dengan rapat sebelum tuan rumah mengizinkan mereka memasuki ruangan. Bahkan sebelum rapat, Zoom memberi tahu Anda tentang pesertanya. Ruang tunggu membantu Anda melakukan pertemuan satu-satu, menghapus / menambah peserta selama rapat.

* Aktifikan Fitur Hapus, ini bermanfaat jika seseorang lupa mengakhiri rapat dan sibuk melakukan hal lain yang dapat mengganggu rapat. Juga, jika ada seseorang yang membuat keributan selama rapat, fitur ini dapat menyelamatkan rapat.

* Setelah semua peserta masuk, Anda memiliki opsi untuk mengunci rapat untuk menghindari orang lain bergabung di antaranya. Fitur ini juga membatasi peserta yang telah Anda hapus untuk bergabung kembali dengan rapat.

* Dalam hal pertemuan dengan beberapa peserta, Anda dapat memilih untuk menjadi tuan rumah bersama.

* Terkadang, kalau ada yang tidak sopan, peserta mencoba mengubah nama mereka dan melakukan gangguan dan keributan pada rapat. Anda dapat membatasi peserta rapat untuk mengubah nama diri.

* Terkadang, Anda mungkin memperhatikan bahwa kebisingan karena mikrofon seseorang tidak berfungsi dengan benar. Dalam hal ini, Anda dapat membisukan semua atau peserta tertentu untuk menghindari kebisingan yang tidak diinginkan. Anda juga dapat menonaktifkan opsi obrolan atau berbagi layar selama rapat juga.

Sumber : Indian Express

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.