Mon. Aug 2nd, 2021

Warta5.com

cerdas mewartakan

Mengenang 10 Tahun Gempa Bumi Besar Fukushima

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

TOKYO – Gempa bumi besar dan tsunami melanda Jepang pada 11 Maret 2011, menghancurkan kota-kota dan memicu krisis nuklir di Fukushima, dunia menyaksikan perjuangan mati-matian Jepang menahan bencana nuklir yang terburuk di dunia sejak Chernobyl.

Serangan gelombang yang dipicu oleh gempa berkekuatan 9,0 skala Richter menghantam pantai timur laut, menewaskan hampir 20.000 orang dan melumpuhkan pabrik Fukushima Dai-ichi. Lebih dari 160.000 penduduk melarikan diri saat radiasi dimuntahkan ke udara.

Pada saat itu, penduduk – termasuk Perdana Menteri Naoto Kan – khawatir Tokyo perlu dievakuasi, atau lebih buruk lagi.

“Fukushima memiliki tanda-tanda sisa sejarah energi nuklir,” kata Kiyoshi Kurokawa, kepala investigasi yang menyimpulkan bencana itu “akibat kelalaian manusia yang parah”.

Pemerintah telah menghabiskan sekitar $ 300 miliar (32,1 triliun yen) untuk membangun kembali wilayah Tohoku yang hancur akibat tsunami, tetapi daerah di sekitar pembangkit listrik Fukushima tetap terlarang, kekhawatiran tentang tingkat radiasi tetap ada dan banyak yang pergi telah menetap di tempat lain. Penonaktifan pabrik yang lumpuh akan memakan waktu puluhan tahun dan miliaran dolar.

Jepang kembali memperdebatkan peran tenaga nuklir dalam bauran energinya karena negara miskin sumber daya itu bertujuan untuk mencapai netralitas karbon bersih pada tahun 2050 untuk melawan pemanasan global. Tetapi survei TV publik NHK menunjukkan 85% kekhawatiran publik tentang kecelakaan nuklir.

Kebijakan energi ditinggalkan dalam ketidakpastian setelah Shinzo Abe dari Partai Demokrat Liberal (LDP), memimpin energi pro-nuklir kembali berkuasa setahun setelah bencana, menggulingkan pemimpin sebelumnya yang citranya dinodai oleh penanganannya di Fukushima.

“Mereka agak tertinggal,” kata Tobias Harris, wakil presiden senior di konsultan Teneo dan penulis buku tentang Abe seperti dilansir dari Reuters, Selasa (9/3/2021).

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.