17/04/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

6 Langkah Turunkan 92 Persen Risiko Penyakit Jantung

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

SEHAT | WARTA5.COM – Studi terbaru dalam Journal of the American College of Cardiology menunjukkan, tiga perempat serangan jantung pada perempuan berusia muda dapat dicegah hingga 92% jika setidaknya mengikuti enam perilaku sehat.

Enam perilaku sehat ini ialah tidak merokok, alkohol, memiliki berat tubuh normal, olah raga, mengurangi menonton televisi dan diet dengan sehat.

Para peneliti mempelajari hampir 70 ribu orang perempuan selama lebih dari dua dekade (16 tahun) mereka mendokumentasikan setiap kasus serangan jantung dan kematian yang terjadi selama studi berlangsung dan enam perilaku sehat yang mereka jalani.

Peneliti dari Indiana University School of Public Health Bloomington, Andrea Chomistek, mengungkapkan, risiko penyakit jantung pada perempuan berusia 35 sampai 44 tahun tidak berkurang. Para peneliti menduga, pilihan gaya hidup menjadi alasannya.

Mereka menemukan, perempuan yang menerapkan enam perilaku sehat tersebut dalam gaya hidupnya, 92 persen lebih rendah berisiko serangan jantung.

Kemudian, mereka 66 persen berisiko lebih rendah mengembangkan faktor risiko penyakit jantung, seperti diabetes tipe dua, tekanan darah tinggi, dibandingkan perempuan yang tidak menerapkan enam perilaku sehat.

Serangan jantung pada perempuan dapat dicegah bila mereka menerapkan enam perilaku sehat. “Ini merupakan cara mudah untuk mencegah masalah jantung di kemudian hari,” tambah Chomistek seperti dilansir LiveScience.(ANT/WARTA5.COM)

FOTO: Healthy

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.