25/04/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Pertama Kali, Florida Eksekusi Mati Pria Kulit Putih karena Bunuh Pria Kulit Hitam

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

WASHINGTON – Untuk pertama kalinya dalam sejarah hukum di Florida mengeksekusi seorang narapidana kulit putih di penjara negara bagian Starke, Kamis malam, (24/8/2017), karena membunuh seorang pria kulit hitam.

Mark James Asay, 53, seorang supremasi kulit putih, yang dihukum dan dijatuhi hukuman mati karena membunuh Robert Lee Booker, 34, dan Robert McDowell, 26, pada tahun 1987.

Sejak Florida mengembalikan hukuman mati pada tahun 1976, setidaknya 18 pria kulit hitam telah dieksekusi karena membunuh korban kulit putih, menurut data dari Pusat Informasi Hukuman Mati.

Eksekusi Asay adalah yang pertama di negara bagian dalam 18 bulan, dilakukan dengan menggunakan obat yang tidak pernah digunakan dalam sejarah A.S.

Sebelumnya penolakan hukuman mati telah menekan perusahaan farmasi untuk menghentikan penjualan obat suntik mematikan ke negara bagian itu. Akibatnya, pengadilan harus berjuang menemukan bahan kimia yang cocok untuk eksekusi mati tersebut.

Asay dan teman-temannya di malam kejadian mencari hiburan malam, setelah minum-minum di kolam renang. Dia dengan sengaja menembaki Booker, pria kulit hitam yang sedang berjalan di jalan, dengan sebelumnya Asay secara lisan menyerangnya dengan ejekan rasial.

Seperti dikutip dari Anadolu Agency, korban keduanya adalah Robert McDowell, 26, ras campuran, – kulit putih dan Hispanik. Jaksa mengatakan, Asay memakasa McDowell berpakaian seperti wanita, kemudian dia mmemaksanya untuk berhubungan seks, setelah puas ia menembaknya sampai tewas.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.