26/04/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

PBB Harus Segera Bantu 5 Juta Warga Afghanistan

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

KABUL – Perserikatan Bangsa-Bangsa harus segera membantu lima juta lebih banyak warga Afghanistan pada 2021 karena terdampak pandemi COVID-19 dan peningkatan konflik.

“Kebutuhan meningkat dan pendanaan sangat dibutuhkan,” kata pelaksana tugas Asisten Sekretaris Jenderal PBB Urusan Kemanusiaan, Ramesh Rajasingham dalam konferensi pers pada hari Selasa (15/12/2020).

Rajasingham, yang baru saja kembali dari perjalanan ke Afghanistan, menyoroti musim dingin yang ekstrim sangat keras yang biasanya dialami negara itu.

“Meningkatnya kebutuhan merupakan dampak krisis COVID-1, meningkatnya konflik dan perpindahan penduduk”, katanya.

“Kami beralih dari situasi di mana kami (meminta) dukungan untuk menargetkan sekitar 11 juta orang pada tahun 2020 menjadi apa yang kami perkirakan akan menjadi hampir 16 juta orang tahun depan,” kata Rajasingham.

Selain jutaan warga Afghanistan yang mengungsi secara internal atau sementara, 4,6 juta lainnya tinggal di luar negeri, di mana 2,7 juta di antaranya adalah pengungsi terdaftar.

Secara kolektif, mereka mewakili salah satu populasi terlama yang kehilangan tempat tinggal dan terlama di seluruh dunia.

Dikutip dari Aljazeera, Rabu (16/12/2020), pada hari Senin, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengatakan dia berharap pembicaraan damai antara pemerintah dan Taliban akan berlanjut di Afghanistan, bukan di Qatar, yang menganggapnya menghina penduduk Afghanistan karena negosiasi berlangsung di hotel-hotel mewah di Doha.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.