20/04/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Turki dan Israel Sepakat Perbaiki Hubungan

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

ISTAMBUL – Turki dan Israel sepakat untuk berupaya memperbaiki hubungan mereka yang tegang setelah panggilan telepon yang jarang terjadi antara presiden mereka, kata juru bicara Partai AK yang berkuasa di Turki, Rabu (14/7/2021).

Kedua negara mengusir duta besar pada 2018 setelah perselisihan pahit. Ankara telah mengutuk pendudukan Israel di Tepi Barat dan perlakuannya terhadap warga Palestina, sementara Israel telah meminta Turki untuk menghentikan dukungan untuk kelompok Palestina Hamas yang memerintah Gaza.

Kedua belah pihak mengatakan yang lain harus bergerak terlebih dahulu untuk pemulihan hubungan apa pun.

Presiden Recep Tayyip Erdogan menelepon presiden baru Israel, Isaac Herzog, pada hari Senin untuk mengucapkan selamat kepadanya karena telah menjabat. Kepresidenan Israel sebagian besar adalah kantor seremonial.

“Sebuah kerangka kerja muncul setelah seruan ini di mana kemajuan harus dibuat pada beberapa masalah di mana perbaikan dapat dilakukan, dan di mana langkah-langkah menuju penyelesaian area bermasalah harus diambil,” kata juru bicara Omer Celik setelah pertemuan Partai AK.

Dilansir Al Jazeera, Kamis (15/7/2021), Celik memilih Palestina sebagai salah satu dari banyak masalah yang ingin didiskusikan Turki dengan Israel, menambahkan bidang-bidang seperti pariwisata dan perdagangan harus menjadi “win-win” bagi kedua negara. Perdagangan bilateral tetap kuat di tengah perselisihan politik.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.