24/04/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

WHO Uji Obat Malaria untuk Obat Covid -19, Indonesia Termasuk

2 min read

[ A+ ] /[ A- ]

JAKARTA- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan menguji tiga obat baru sebagai perawatan potensial untuk orang-orang di rumah sakit dengan COVID-19 parah saat memperluas uji coba globalnya ke 52 negara.

Tiga perawatan – artesunat, imatinib dan infliximab – dipilih oleh panel ahli independen karena potensinya dalam mengurangi risiko kematian pada pasien rawat inap. Artesunate saat ini digunakan untuk malaria berat, imatinib untuk kanker tertentu, dan infliximab untuk penyakit sistem kekebalan seperti penyakit Crohn dan rheumatoid arthritis.

“Menemukan terapi yang lebih efektif dan mudah diakses untuk pasien COVID-19 tetap menjadi kebutuhan kritis, dan WHO bangga memimpin upaya global ini,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam sebuah pernyataan. Obat-obatan itu disumbangkan untuk uji coba oleh produsen.

WHO menyelesaikan fase pertama dari apa yang disebut uji Solidaritas tahun lalu, bekerja dengan negara-negara di seluruh dunia untuk menemukan pengobatan yang efektif untuk virus corona baru dan menilai pengaruhnya terhadap kematian, tidak peduli seberapa kecil. Fase baru uji coba melibatkan 600 rumah sakit di 52 negara – 16 lebih banyak dari fase awal – dan ribuan pasien.

Empat obat telah dievaluasi oleh uji coba dengan hasil yang menunjukkan bahwa remdesivir, hydroxychloroquine, lopinavir dan interferon memiliki sedikit atau tidak berpengaruh pada orang yang dirawat di rumah sakit dengan COVID-19.

Perluasan uji coba dilakukan saat dunia menghadapi gelombang baru pandemi, yang dipicu oleh varian Delta yang sangat mudah menular. Negara-negara yang belum dapat memvaksinasi sebagian besar populasi mereka sangat terpukul.

WHO sejauh ini hanya merekomendasikan dua perawatan untuk COVID-19 – penghambat reseptor interleukin-6, yang direkomendasikan bulan lalu, dan kortikosteroid. Percobaan di Inggris tahun lalu menemukan deksametason, steroid murah dan tersedia secara luas, mengurangi risiko kematian hingga sepertiga untuk pasien yang menggunakan ventilator.

Dikutip Aljazeera, negara-negara yang mengambil bagian dalam uji coba baru termasuk Kanada, Finlandia, Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.