01/05/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Walikota Padang Izinkan Rumah Makan di Pondok Buka Selama Ramadhan

2 min read

[ A+ ] /[ A- ]

PADANG — Khusus untuk Kawasan Pondok, Kecamatan Padang Selatan, Walikota Ir. H. Mahyedi Ansharullah, memberikan izin untuk rumah makan dan restoran buka selama siang hari ramadhan. Namun izin tersebut harus memenuhi ketentuan yang dibuat.

Kepala Kesbangpol Kota Padang Mursalim mewakili Walikota mengatakan, syarat yang harus diperhatikan oleh rumah makan dan restoran di Kawasan Pondok adalah tidak boleh membuka lebar pintu atau memajang makanan. Selain itu, pemilik rumah makan pun tidak diperkenankan untuk menerima sembarangan konsumen. Hanya melayani pembeli yang non muslim.

“Kawasan Pondok kita perbolehkan berjualan, sebab mayoritas penduduk yang beragama nonmuslim. Ini semua juga dilakukan karena untuk saling menjaga keharmonisan, sebab tidak semua penduduk Kota Padang beragama Islam,”kata Mursalim.

Ditambahkan oleh Mursalim kendatipun Pemko Padang memperbolehkan Kawasan Pondok tetap buka. Namun, hanya untuk pemilik rumah makan dan restoran yang telah ada. Artinya tidak boleh PKL baru yang dengan sengaja menggelar dagangan makanan di Kawasan tersebut pada bulan Ramadan di siang hari.

Sementara itu, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah kembali mengingatkan, agar pemilik rumah makan dan restoran tidak buka pada jam yang dilarang. Mahyeldi menyebutkan, pemilik harus menghargai orang yang berpuasa dan tidak mengotori bulan suci Ramadan.

Mahyeldi mengatakan, bagi yang melanggar ketentuan ini sesuai dengan pasal 83 peraturan daerah Nomor 5 Tahun 2012 tentang Tanda Daftar Usaha Pariwisata maka akan dipidana dengan pidana kurungan paling lama 6 bulan atau denda 50 juta.

“Sudah ada sangsinya jika masih ada yang melanggarnya, tentunya akan diproses,”katanya

Seperti dikutip dari Haluan, sebelumnya, Pemerintah Kota Padang telah mengeluarkan surat edaran mengenai jam buka restoran maupun rumah makan di Kota Padang selama bulan suci Ramadan. Tempat makan hanya diperkenankan buka dari pukul 15.00 WIB hingga menjelang selesai sahur yakni pukul 04.40 WIB.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.