04/05/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

3 dari 10 Orang di Dunia Tidak Dapat Akses Air Bersih

1 min read

[ A+ ] /[ A- ]

JENEWA – Tiga dari 10 orang di seluruh dunia, atau 2,1 miliar, kekurangan akses terhadap air yang aman dan tersedia di rumah, PBB melaporkan pada hari Rabu (12/7/2017).

Menurut sebuah laporan baru oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Dana Anak-anak PBB, UNICEF, enam dari 10, atau 4,5 miliar, kekurangan sanitasi yang dikelola dengan aman.

“Air yang aman, sanitasi dan kebersihan di rumah seharusnya tidak menjadi hak istimewa hanya bagi mereka yang kaya atau tinggal di pusat kota,” Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Apalagi 844 juta tidak memiliki akses terhadap layanan air minum dasar.

Memperhatikan bahwa anak-anak muda berisiko terkena penyakit karena kekurangan air bersih dan sanitasi, dia mengatakan bahwa setiap tahun, 361.000 anak balita meninggal karena diare.

Sekitar 263 juta orang di dunia harus menghabiskan lebih dari 30 menit untuk mengumpulkan air dari sumber air di luar rumah, dan 159 juta masih minum air yang tidak diolah dari sumber permukaan, seperti sungai atau danau, kata laporan tersebut yang disitat Anadolu Agency.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.