01/05/2024

Warta5.com

cerdas mewartakan

Berkurban dengan Sentuhan Jari

4 min read

[ A+ ] /[ A- ]

Berbagai kemudahan untuk berkurban disediakan THK Dompet Dhuafa. Kini lewat kanal digital seperti e-commerce, Anda dapat berkurban dari mana dan kapan saja.

Sekarang, berkurban tidak perlu repot dengan datang ke penjual kambing di pinggir jalan. Kita juga tidak harus mendatangi masjid atau lembaga sosial untuk menitipkan uang kurban. Bagi masyarakat milenial, berkurban sudah sangat dimudahkan dengan kehadiran situs-situs e-commerce (perdagangan elektronik). Hanya dengan sentuhan jari, dari mana saja dan kapan saja sempatnya, bagi yang ingin berkurban, dapat mewujudkan niat baiknya seketika.

Tidak percaya? Coba buka situs Tokopedia, masukkan kata kunci “kurban”. Di laman hasil pencarian, pengguna akan disuguhkan gambar sapi, kambing standar dan kambing premium dengan harga dan spesifikasi yang jelas. Calon pekurban tinggal menekan layer untuk memilih jenis kurban dan lembaga yang menyediakan.

Setelah masuk ke halaman bacanya, akan diinformasikan spesifikasi hewan kurban yang disediakan.  Dinyatakan  di sana, bahwa hewan yang ditawarkan diambil dari peternak binaan THK Dompet Dhuafa,  yang penyalurannya mencakup 25 Provinsi dan beberapa wilayah luar negeri seperti Gaza-Palestina, Kamboja, dan Filipina.

Dijelaskan juga, hewan yang ditawarkan merupakan hewan yang sudah layak untuk dikurbankan menurut syariat Islam dan harganya pun sudah termasuk infak operasional untuk pendistribusian ke daerah. Informasi lainnya adalah, hewan kurban tersebut akan didistribusikan ke 2.058 dusun di 25 provinsi wilayah di seluruh Indonesia dan negara – negara tetangga yang membutuhkan.

Tidak hanya menyangkut informasi kurban dan penyalurannya. Laman tersebut juga memuat informasi teknis penyembelihan; yang menyatakan  bahwa  hewan kurban itu disembelih di hari raya kurban hingga tasyrik. Mulai 10 Dzulhijjah 1438H, setelah shalat Idul Adha hingga tanggal13 Dzulhijjah 1438H.

Terakhir, konsumen juga diberi informasi tentang pelaporan penyembelihan kurban akan dikirimkan melalui pos ke alamat pekurban selambat-lambatnya tiga bulan setelah masa penyembelihan. Dan bagi yang ingin berkurban  melalui market place tersebut, pengguna dapat memesan sampai tanggal 31 Agustus 2017, pukul 23.59 WIB.

Di samping itu, pengguna juga bisa membaca syarat dan ketentuan yang berlaku. Di sini dinyatakan bahwa program ini adalah program resmi kerja sama Tokopedia dan Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa, tidak ada jumlah maksimal pembelian kurban. Berkurban lewat Tokopedia juga akan dikenakan ongkos kirim, ongkos kirim yang dibayarkan akan digunakan untuk mengirimkan gimmick produk kepada pekurban.

Untuk itu, setiap pembeli hewan melalui Tokopedia diminta untuk mengisi data diri pekurban berupa nama, email, alamat lengkap, dan nomor telepon di form keterangan pada saat pemilihan hewan kurban, dan pembelian hewan Kurban tidak dapat digabung dengan promo-promo yang sedang berlangsung di Tokopedia, kecuali cicilan 0%.

Aturan yang sama juga berlaku di merchant lainnya yang sudah menjalin kerja sama resmi dengan THK Dompet Dhuafa, seperti Indomaret, Hypermart, LotteMart dan lainnya.

 

Memudahkan

Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa, Bambang Suherman menyatakan, bahwa dalam desain komunikasi Dompet Dhuafa berkaitan kurban, ada 3 hal sebenarnya yang dilakukan Dompet Dhuafa. Pertama, mendistribusikan pengetahuan (knowledge) kepada masyarakat tentang mengapa Dompet Dhuafa membuka layanan kurban ini.

“Masyarakat harus paham dulu, bahwa Dompet Dhuafa menyalurkan kurban, bukan hanya untuk bisa dinikmati oleh masyarakat di tempat-tempat tertentu terutama kota, tapi juga di tempat yang jauh,” jelasnya.

Kedua, menjelaskan tentang bagaimana mekanisme kurban itu dilangsungkan. Agar masyarakat juga tahu bahwa pola pengelolaan kurban oleh Dompet Dhuafa itu dilakukan secara lengkap dari fase ke fase. Sudah dipastikan juga sesuai dengan syariah dan tepat sasaran dalam proses pendistribusiannya.

Ketiga, Dompet Dhuafa berupaya sekuat mungkin, sebesar-besarnya untuk memudahkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam berkurban. Dalam hal ini, lanjut Bambang, Dompet Dhuafa memilih pola-pola pendekatan transaksi yang sesuai dengan kebiasaan (habit) masyarakat dan perkembangan transaksi dunia dalam ruang ekonomi saat ini, termasuk Indonesia. “Dalam konteks inilah Dompet Dhuafa membuka kanal digital,” jelasnya.

Dengan kanal digital, Dompet Dhuafa memberikan servis yang simple kepada masyarakat. Ketika masyarakat bangun tidur dia dipapar knowledge tentang kurban lewat televisi dan media lain, kemudian hatinya tergerak untuk menjadi pekurban.

“Nah di saat itu dia dengan sangat mudah mengakses kurban lewat handphone yang dia punya dan lalu melakukan proses traksaksi pada saat itu juga. Clear langsung selesai dan lengkap dengan notifikasi dari Dompet Dhuafa. Itulah dasar kenapa Dompet Dhuafa hari ini juga membuka kanal digital untuk bertransaksi, menemani kanal yang lain,” ujar Bambang Suherman.

Dikatakan Bambang, Dompet Dhuafa memahami bahwa ada juga masyarakat yang pada akhir pekan jalan-jalan ke mall bersama anak dan keluarganya. Karena itu, Dompet Dhuafa juga membuka konter di mall-mall.  Ada juga yang berkerja di kantor-kantor, kadang mereka tidak sempat berjalan ke tempat lain. Karena itu pula Dompet Dhuafa membuka konter di kantor-kantor.  Sehingga ketika mereka turun dari ruang kerja mereka bisa bertransaksi.

Prinsipnya sama, memudahkan masyarakat untuk berkurban, termasuk membuka kanal digital ini. Salah satu kanal digital yang dipakai Dompet Dhuafa untuk transaksi kurban ini adalah e-commerce. Dompet Dhuafa berkerjasama dengan Tokopedia dan Muslim Market.  Selain itu juga layanan toko retail seperti, Indomaret, LotteMart dan Hypermat. Semuanya merupakan bagian dari memudahkan masyarakat untuk melaksanakan transaksi kurban. – [Maifil Eka Putra]

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.